Roma Tidak Dibangun dalam Semalam

Ungkapan membangun Kota Roma tidak mungkin dilakukan dalam semalam, sejatinya mengandung pesan bahwa dibutuhkan proses panjang merintis kesuksesan. Namun setelah menyaksikan pertandingan AS.Roma vs FC. Barcelona semalam, memang ujaran tersebut bisa benar secara harfiah. Para penonton pasti akan takjub - sekaligus menjadi sebuah pembelajaran sejarah baru - bahwa the fun-tastic of football is still alive . Sekaligus secara kiasan kita bisa mengatakan - sesuatu hal yang tidak mungkin dan boleh dibilang ti- dak masuk akal bisa terjadi dalam sepak bola pun juga dalam kehidupan nyata siapapun juga .

Siapa sih tidak mengenal Club Sepakbola FC. Barcelona - yang pada akhir dekade terakhir telah merajai persaingan antar club Eropa di Liga Champion walau masih kalah dengan seterunya Real Madrid FC. Tapi siapa bisa mengira di sebuah klub sepakbola yang bercokol bintang-bintang terbaik sepakbola dunia spt Lionel Messi - Luis Suarez - Andres Inessita - dll ( minus Neymar Jr. tentu saja yang sudah hengkang ke PsG ) - bagi klub klub lawan Barcelona adalah lawan yang sulit ditaklukkan sekaligus - lawan yang susah dicegah untuk mencetak goal. dengan pemain sekelas Messi yang selalu merangsek ke depan gawang lawan, maka goal bersarang ge gawang lawan Barca hanyalah sebuah penundaan waktu sebelum benar-benar terjadi dan pasti. Tetapi semalam, AS. Roma bisa membalikkan keadaan. Dengan kekalahan telak 4-1 di aggregat saat bemain di Camp Nou - kandang Barca - AS. Roma berjuang mati matian layaknya Gladiator melawan ganasnya singa Catalonia. dan AS Roma berhasil.

Ini membawa sebuah inspirasi bahwa jika kita mau benar benar berusaha maka segala hal yang tidak mungkin bisa saja berhasil kita taklukkan. Dukungan dari siapapun disekitar kita adalah kekuatan tambahan yang utama untuk mencapai tujuan. Dan itu dibuktikan benar malam hari kemaren di Stadion Olimpic di kota Roma.
Ribuan mata saksi sejarah sebuah team yang tertinggal aggregat 1-4 bisa membalikkan keadaan adalah sebuah sebuah kejadian yang ajaib dan nyata nyata bisa terjadi. Adagium di sepakbola selama bola masih bundar dan peluit wasit tanda berakhirnya sebuah pertandingan belum dibunyikan maka segala hal yang tidak mungkin masih bisa terjadi.
Lalu apa yang bisa dipelajari dari kejadian tadi malam adalah : Kita mesti memiliki semangat untuk mencapai sebuah cita - cita apapun kesulitan yang terbentang didepan mata, segalanya masih bisa terjadi jika kita bersungguh sungguh meraih sebuah keberhasilan. Dan itu sudah dibuktikan.

Terkadang kita melihat sebuah masalah didepan mata yang sulit kita pecahkan, lalu kita bersandar pada keputusasaan bahwa sesuatu yang tidak mungkin itu sangat sulit dan mustahil bisa kita lalui. Tapi dengan berjalannya waktu dan masih adanya kesempatan semuanya serba mungkin dan bisa terjadi.
Awalnya memang sebuah hal yang serba mustahil - tetapi ketika kesempatan itu datang dan datang lagi lalu kita sungguh sungguh niscaya semuanya bisa kita lalui.

Semangat !

Comments